Eddy Hiariej Resmi Jabat Wamenkumham, Rektor UGM: Saya Bangga

cf82da1c-c6d6-47a3-8f31-9e51379503c4_43

Yogyakarta - Guru Besar Hukum Pidana Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof Dr Edward Omar Sharif Hariej, SH, MHum, resmi dilantik sebagai Wakil Menteri Hukum dan HAM. Rektor UGM Prof Panut Mulyono menyampaikan selamat dan harapannya untuk pria yang akrab disapa Eddy Hiariej itu.

"Saya bangga dan mengucapkan selamat kepada Prof Eddy O S Hiariej atas dilantiknya beliau menjadi Wamenkumham," ujar Panut kepada wartawan melalui pesan singkat, Rabu (23/12/2020).

Dia berharap Eddy mengemban amanah dengan baik. Dia juga berharap Eddy dapat memenuhi harapan masyarakat terkait tegaknya supremasi hukum.

"Semoga beliau dapat mengemban amanah dengan baik dan dapat memenuhi harapan masyarakat akan tegaknya supremasi hukum di Indonesia," pungkasnya.

Eddy dilantik pagi ini di Istana Negara, Jakarta Pusat. Eddy dilantik langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pelantikan ini juga disiarkan langsung melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Berdasarkan data yang dihimpun detikcom, Rabu (23/12), Eddy Hiariej dilahirkan di Ambon, Maluku, pada 10 Mei 1973. Eddy menamatkan pendidikan S1 hingga S3 di Fakultas Hukum UGM.

Eddy terbilang masih muda ketika mendapat gelar profesornya, yakni ketika masih berusia 37 tahun. Selain mengajar, Eddy telah dikenal kerap menjadi saksi ahli dalam berbagai macam sidang.

Salah satunya saat Eddy menjadi saksi ahli mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama (Ahok) dalam sidang kasus penodaan agama pada 2017. Eddy juga pernah menjadi ahli dari Jokowi-Ma'ruf Amin pada 2019. Kala itu, Eddy menjadi saksi ahli yang dihadirkan Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf dalam sengketa Pilpres 2019.

Saat itu, Eddy sempat menjadi sorotan karena kelugasannya dalam menjawab pertanyaan dari kuasa hukum Tim Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Dia juga disorot saat menjelaskan perihal rapuhnya konstruksi gugatan Prabowo-Sandiaga.

 

https://www.detik.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *