Semaraknya Idul Adha 1442 H di YPI Al-Intishorul Bahri

1626782660890

Saat Idul Adha, Allah memerintahkan kepada umat Islam untuk melakukan ibadah kurban bagi yang mampu melaksanakannya. Perintah tersebut juga tertulis dalam Al-Qur'an:

“Sesungguhnya Kami telah memberikan nikmat yang banyak. Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu dan berkurbanlah.” (QS Al-Kautsar (108):1-2).


Selain Hari Raya Kurban, Idul Adha juga disebut sebagai Lebaran Haji, karena sejak 9 Dzulhijah, umat Islam yang menunaikan ibadah Haji sedang melaksanakan ritual haji yang paling utama yaitu wukuf di Padang Arafah. Wukuf adalah ritual haji yang mengajarkan umat Islam untuk meninggalkan aktivitasnya sejenak agar dapat merenungkan diri, seperti yang dilakukan Nabi Ibrahim setelah menerima perintah dari Allah SWT untuk mengorbankan anaknya, Nabi Ismail. Bagi umat Islam yang tidak melaksanakan ibadah haji, disunnahkan untuk melakukan ibadah puasa Arafah pada tanggal yang sama, yaitu 9 Dzulhijah.

Semarak Hari Raya Idul Adha 1442 H atau 2021 M lalu sudah terasa sejak H-1 kala gema takbir sudah berkumandang sepanjang malam.Puncaknya, adalah perayaan hari raya yang kerap juga dinamakan Idul Qurban pada Selasa (20/7) pagi dengan Sholat Id berjamaah dan dilanjutkan dengan pemotongan hewan qurban.

Hampir di setiap sudut wilayah berlangsung prosesi pemotongan hewan qurban sebagai praktik ibadah sunnah yang sangat diutamakan pada bulan Dzulhijjah ini. Tak terkecuali YPI Al-Intishorul Bahri. Selepas melaksanakan Sholat Idul Adha di adakanlah acara memperingati Hari Raya Idul Adha yang di meriahkan oleh penampilan dari santriwan/i di lingkungan YPI Al-Intishorul Bahri dan dihadiri oleh para petinggi di Yayasan  serta orangtua/wali santri/i juga masyarakat sekitar yang diisi Tausiyah oleh Ust. Manto Hoerudin dan dilanjutkan dengan menyembelih hewan qurban.

 

      

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *